11 PATRIOT

ANDRE HIRATA

Judul Buku : Sebelas Patriot
Penulis : Andrea Hirata
Penerbit : Bentang Pustaka
Jumlah Halaman : 108 Halaman
ISBN : 9786028811521

Kalo sebutan untuk fansnya Real Madrid namanya Madridistas, nah kalo PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia) namanya apa? Andrea Hirata menyebutnya Patriot. Patriot PSSI!

Apa yang ada dalam benak kita jika mendengar kata ‘patriot’? Pahlawan!
Seperti itulah yang ingin dituturkan Andrea Hirata di novel keenamnya ini. Andrea Hirata menawarkan cerita yang  bernilai nasionalisme, tentang betapa mencintainya Ikal dengan PSSI dan sepak bola.
Ya, memang ada nasionalisme yang tergambar jelas dalam buku ini, namun ternyata tidak sebesar ekspektasi awal terhadap buku ini.

Diceritakan Ikal akhirnya mengetahui jika Ayahnya adalah seorang pemain sepakbola, lebih tepatnya pemain sayap kiri berbakat yang harus mundur karena pada saat itu (jaman penjajahan Belanda) ditentang oleh Belanda dan Ayah Ikal harus menerima semuanya. Ikal mengetahui hal tersebut karena sebelumnya melihat foto sang Ayah sedang memegang piala dan memakai pakaian sepakbola. Sejak saat itu Ikal bertekad ingin menjadi pemain junior PSSI, namun gagal.

Mereka selalu salut kepada Andrea Hirata yang mampu mengemas tulisannya dengan gaya melayu jenaka dan penuh dengan kata-kata bijak yang memompa semangat para pembaca. Tak usahlah diragukan lagi kepiawaian seorang Andrea Hirata kalo soal itu. Buku-bukunya akan selalu bisa dinikmati dan ditunggu-tunggu para pembacanya. Apalagi saat dituliskan pelatih Toharun melatih Ikal cs dengan filosofi buah-buahan, menarik sekali. Apalagi ditambah dengan korelasi antara pantat dengan kemahiran bermain sepakbola, benar-benar bikin kita ketawa sendiri.

sebelum buku Sebelas Patriot ini terbit, sebelumnya judul Ayah yang akan diterbitkan lebih dulu. Entah kenapa justru Sebelas Patriot yang hadir duluan, padahal disini yang kita liat adalah bagaimana Ikal amat mengidolakan sang Ayah hingga akhirnya bermuara pada kecintaan Ikal pada PSSI. Betapa cantiknya Andrea Hirata mengolah tulisannya, hingga kerasa banget cinta Ikal pada Ayahnya dan juga sebaliknya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: